en id

News

> Go to Publication
Information Menu
News

Gandeng ACI, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Lakukan APEX in Safety Guna Tingkatkan Kualitas Keselamatan Bandara

12 Sep 2017

kembali ke list


Makassar, 12 September 2017 -  PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandara Internasional Sultan Hasanuddin bekerja sama dengan Airports Council International (ACI) melakukan kegiatan Airport Excellent (APEX) in Safety untuk melakukan evaluasi terhadap aspek keselamatan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. APEX in Safety yang akan diadakan selama satu minggu ini, 11-15 September 2017 di Swiss Bell Hotel Makassar, bertujuan untuk meningkatkan kualitas keselamatan Bandara Sultan Hasanuddin. 

Sebagai anggota ACI yang merupakan organisasi dunia terkait penyediaan informasi dan kebijakan yang dianjurkan untuk bandar udara serta membantu mengembangkan standar bandar udara, PT Angkasa Pura I (Persero) akan dinilai dan dievaluasi oleh ACI terkait tingkat keselamatan penerbangan berdasarkan standar yang ditetapkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO) di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Pada kegiatan ini, Tim Auditor dari ACI akan menilai aspek–aspek mengenai Standard Operating Procedure (SOP) dan implementasinya di lapangan. Tim Auditor dari ACI sendiri terdiri dari manajemen bandara internasional dari berbagai negara, di antaranya yaitu Ermenando Silva selaku Safety Manager ACI, Ramapurath Rajendra Menon selaku Airside Project Manager Dubai Airport, Anthony Conte C. selaku Manager Airfield Operations & Compliance Sydney Airport Corporation, Badriyah Binti Noordin selaku Manager Malaysia Airports Holding Berhad, Dirk Geukens selaku Senior Safety Expert Brussels Airport, Ozan Karakiş Airside Operation Director Istanbul Grand Airport, Ardi Bin Habi selaku Manager Malaysia Airports Holding Berhad, dan Lahkim Anass selaku Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) Morrocan Airport Authority ONDA.

“PT Angkasa Pura I (Persero) sangat mendukung kegiatan APEX in Safety untuk meningkatkan kualitas keselamatan di bandara kami. Semoga Bandara Sultan Hasanuddin berhasil meraih hasil terbaik dan mendapat akreditasi internasional dalam aspek keselamatan,“ ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Danang S. Baskoro pada acara pembukaan APEX in Safety, Selasa (12/9).

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin menjadi bandara keempat yang akan dievaluasi oleh ACI setelah sebelumnya ACI mengevaluai 3 Bandara Internasional lainnya di bawah manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) yaitu Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Sebagai informasi, ACI adalah satu - satunya perwakilan dagang global bandar udara di dunia berdiri tahun 1991. Berpusat di Kanada, ACI menjadi organisasi dunia yang membantu menyediakan informasi dan kebijakan yang dianjurkan untuk bandar udara dan membantu mengembangkan standar bandar udara. ACI juga membantu mempromosikan bandara - bandara internasional ke dunia.