en id

News

> Go to Publication
Information Menu
News

NATARU 2021/2022, SHIAM LAKUKAN PERSIAPAN KHUSUS DI BANDARA

17 Dec 2021

kembali ke list


MAROS – 17 Desember 2021, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru 2021/2022).  Posko dilaksanakan selama 18 hari yaitu mulai tanggal 17 Desember 2020 – 6 Januari 2021 berlokasi di Area Keberangkatan dengan tujuan untuk mengawasi pergerakan arus pesawat, penumpang dan kargo selama periode Nataru 2021/2022.

 

Posko dibuka secara resmi oleh General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada Apel Pembukaan Posko yang dihadiri oleh Otoritas Bandar Udara Wilayah V Makassar, LANUD Hasanuddin, Kapolres Maros, Kepala Komandan Distrik Militer 1422 Maros, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar (KKP), Kapolsek Bandara, AirNav, dan maskapai.

 

Untuk meningkatkan keamanan di Bandara, pelaksanaan posko ini turut melibatkan pihak eksternal seperti TNI dan Kepolisian.

 

“Melihat peningkatan jumlah penumpang di Bandara kami yang cukup signifikan, manajemen memutuskan untuk menambahkan personil posko di tahun ini. Kami berupaya untuk menjaga keselamatan dan keamanan penumpang, serta menerapkan protokol kesehatan di seluruh area Bandara.” ujar Wahyudi selaku General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

 

Sebagai informasi tambahan, pergerakan jumlah penumpang bertambah sejak September 2021. Tercatat  rata – rata penumpang pada September 2021 sebanyak 15.797 penumpang perhari, kini rata – rata penumpang hampir menyentuh angka 25.000 penumpang perhari. 

 

Beberapa maskapai seperti Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia telah mengajukan rencana penerbangan tambahan (extra flight) dengan rute Makassar-Jakarta-Makassar dan Makassar-Gorontalo-Makassar.

 

Untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan jumlah penumpang, terjadinya pembatalan dan tertundanya penerbangan serta gangguan keamanan, pihak bandara dengan instansi terkait telah melakukan beberapa antisipasi diantaranya: berkoordinasi dengan maskapai, memanfaatkan ruang tunggu keberangkatan internasional dan kedatangan internasional, peningkatan frekuensi patroli keamanan dan random check di area Bandara dan antisipasi lainnya. Para pengguna jasa juga dihimbau untuk selalu tetap menerapkan protokol kesehatan selama di bandara.

 

Selain itu, kegiatan operasional Bandara juga didukung penuh oleh KKP dengan mempersiapkan sejumlah alat medis serta obat-obatan yang sewaktu-waktu dapat digunakan apabila dibutuhkan. Selama periode Nataru 2021/2022, pihak KKP juga akan melakukan pemeriksaan covid-19 (RT-Antigen) secara acak di Bandara.

 

Humas Bandara Internasional Sultan Hasanuddin