en id

Acara

> Menuju Berita
Informasi Menu
Acara

Menjelang Arus Mudik "SHIAM gelar Posko Terpadu Monitoring Angkutan Lebaran Tahun 2016/1437 H

24 Jun 2016

kembali ke list


Makassar - Dalam rangka menyambut arus mudik dan balik selama Lebaran 2016 (1437 H), pada hari ini Jumat, 25 Juni 2016, PT Angkasa Pura I (Persero) secara serentak menggelar Posko Terpadu Monitoring Angkutan Lebaran Tahun 2016/1437 H di termasuk di  Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (SHIAM). 

Di SHIAM, kegiatan posko ini melibatkan beberapa unsur yaitu dari TNI AU, Polri, Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, Airnav, Basarnas, KKP, dan pihak Airlines. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Kepala Otoritas Bandara Wilayah V yang didampingi dari General Manager SHIAM yang dihadiri oleh seluruh instansi terkait.
Disela-sela pembukaan  posko ini Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, Bapak Basuki Mardianto menyampaikan bahwa "Dalam memantau kesiapan arus mudik dan balik lebaran kali ini, Dirjen Perhubungan sudah melakukan beberapa kegiatan melakukan pengecekan pesawat (ramp chek) untuk kelaikan penerbangan. Dirjenhub sudah mengecek sebanyak 529 pesawat di wilayah Indonesia,  untuk wilayah Sulsel sendiri kurang lebih ada 100 pesawat telah di rampchek. Kegiatan ini dilakukan untuk keselamatan penumpang dan semua pesawat yang ada di Bandara SHIAM semuanya hasilnya baik dan laik untuk diterbangkan".
 
Dari pihak Angkasa Pura dalam kesempatan ini Bapak Akhmad Munir selaku General Manager Bandara SHIAM juga menyampaikan "untuk kesiapan di Bandara SHIAM selain mendirikan posko terpadu monitoring angkutan lebaran yang didukung oleh unsur-unsur terkait yaitu dari TNI AU, Polri, Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, Airnav, BMKG, Basarnas, anak perusahaan Angkasa Pura Logistik dan Angkasa Pura Support serta juga dari pihak airlines yang ada di Bandara SHIAM semuanya bekerja sama untuk menjaga keamanan, keselamatan dan juga kelancaran selama Posko Lebaran berjalan". 
 
Guna memantapkan kelancaran arus mudik dan arus balik ini, selain Posko Terpadu, Angkasa Pura juga menyiapkan berbagai fasilitas, "selama posko kami meyiapkan konter pemesanan tiket on line secara gratis, kesiapan penanggulangan kesehatan termasuk tenaga medis seperti dokter beserta perawat yang berjaga selama 24 jam semuanya itu untuk para penumpang yang akan mudik menjelang lebaran di bandara SHIAM, selain tetap membagikan takjil secara gratis yang memang sudah berjalan sejak awal puasa" kata General Manager SHIAM, Akhmad Munir pada saat konferensi pers.
 
Dari jauh sebelumnya selama posko Lebaran, airlines yang beroperasi di SHIAM sampai saat ini secara total telah menambah 20 extraflight untuk mengantisipasi kelonjakan penumpang, dimana extraflight ini disiapkan dari beberapa Airlines yaitu dari Sriwijaya 12 Flight, Garuda 2 Flight, Lion Air 4 Flight dan Silk Air 2 Flight.
 
Dari kesiapan kemanan, selama posko lebaran manajemen SHIAM bekerja sama dengan TNI AU dari kesatuan POM AU dan Paskhas juga dari Polsek Bandara SHIAM yang akan rutin melaksanakan kegiatan pengamanan dengan melakukan Patroli yang dilengkapi dengan persenjataan serta anjing pelacak (K9).
 
Rangkaian acara pembukaan posko ini, diawali dengan apel sederhana, briefing dari Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, pemotongan pita posko, dan dilaksanakan pula video teleconference dengan Posko Induk di Pusat, Menteri Perhubungan Bapak Ignasius Jonan menyampaikan "Agar setiap bandara  bisa menjaga keamanan penerbangan juga menjaga kelancaran dan ketertiban selama posko berlangsung, dan berharap untuk bisa memberikan pelayanan dengan baik kepada para penumpang yang akan mudik".
 
Sementara itu kekuatan personil gabungan Posko Lebaran di SHIAM terdiri dari 80 orang, baik dari internal Angkasa Pura dan dari pihak eksternal, yang akan bertugas dengan sistem pembagian waktu tugas.
 
Setiap hari di posko akan ada petugas gabungan yang memberikan informasi kepada posko pusat, dan memiliki tugas utama memberikan pelayanan dalam rangka memperlancar arus mudik dan arus balik bagi para penumpang.

 

TIPS KEBERANGKATAN

  • ikuti petunjuk “Kedatangan” dan "Pengambilan Bagasi"
  • Periksa Layar informasi di Conveyer Belt sesuai penerbangan Anda
  • Apabila kehilangan bagasi, Anda dapat menghubungi staf maskapai di konter Lost and Found
  • Tersedia fasilitas trolley di area pengambilan bagasi.
  • Bila diperlukan, Anda dapat menggunakan jasa porter untuk membantu membawa barang bawaan