en id

Berita

> Menuju Publikasi
Informasi Menu
Berita

Airport Safety Week 2017 di PT Angkasa Pura I (Persero).

25 Aug 2017

kembali ke list


 Maros (25/08), Dalam rangka Airport Week 2017, PT Angkasa Pura I (Persero) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Safety Awareness, Sweeping Kendaraan Operasional, kegiatan FOD (Foreign Object Debris) Cleaning di area sisi udara. Airport Safety Week dilaksanakan minimal 3 kali dalam setahun. Kegiatan Airport Safety Week 2017 kali ini merupakan periode kedua yang dilaksanakan pada tahun ini.

Kegiatan Sosialisasi Safety Awareness di Ruang Rapat Bantimurung Kantor Cabang Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dilanjutkan dengan pelaksanaan Sweeping Kendaraan Operasional di area sisi udara pada  24 Agustus 2017. 

Kegiatan Sosialisasi Safety Awareness dihadiri oleh Co General Manager dan Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan para undangan yang terdiri dari Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar, Polsek Bandara, Beacukai, TNI Angkatan Udara, Ground Handling, Airlines dan Anak Perusahaan  PT Angkasa Pura I (Persero). 

Sosialisasi yang dibuka oleh Indah Preastuty selaku Co General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Interasional Sultan Hasanuddin bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh elemen bandar udara dalam menjaga keselamatan dan kesehatan kerja untuk menghindari terjadinya incident dan accident di bandara.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan "Kegiatan Safety Awareness ini sudah berjalan sesuai dengan prosedurnya, sesuai aturannya. Tidak lama lagi akan ada pelaksanaan Airport Excellent mulai minggu depan hingga pertengahan September. Terkait dengan itu, PT Angkasa Pura I (Persero) memberanikan diri untuk di assesment pada Safety dan Security" ujar Indah Preastuty. Indah juga meminta dukungan dari seluruh elemen Bandar udara selama pelaksanaan Airport Excellent tersebut.

Terdapat 5 materi yang dipaparkan diantaranya yaitu Airport Safety Driving oleh Boyke Tapangan Perwakilan Kantor Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) oleh Dr. Abbas V selaku Perwakilan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar, Airport Excellent in Security oleh Arief Siradjuddin selaku Airport Security Department Head Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, RAM Safety Awareness  oleh Trubus Suharsono selaku Airport Operation Department Head Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, dan Safety Management System Basic dan Reporting System oleh Zulkarnain selaku Airport Safety and Quality Management Department Head Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Sweeping Kendaraan Operasional dan  Peralatan yang beroperasi di area sisi udara Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dilakukan pada siang hari dengan  melibatkan perwakilan dari Airport Safety & Quality Management Department, AMC, Airport Rescue & Fire Fighting Section dan Non Terminal Protection Security Section. Kendaraan dan Peralatan tersebut adalah kendaraan milik Groundhandling, Airlines, dan Catering dan  Cargo Service. 

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan melakukan Foreign Object Debrish (FOD) Cleaning di area sisi udara. Dalam kegiatan FOD Cleaning ini, Manajement dan beberapa karyawan PT Angkasa Pura I (Persero) membersihkan area sisi udara dari benda – benda yang bisa membahayakan penerbangan pada 25 Agustus 2017 pukul 06.00 WITA.