en id

Berita

> Menuju Publikasi
Informasi Menu
Berita

AP1 LATIH MITRA UNTUK CEGAH DAN TANGANI KEBAKARAN

21 Dec 2017

kembali ke list


Maros (21/12), Bertempat di kantor Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, beberapa personil PKP-PK terlihat sibuk mempersiapkan diri untuk memadamkan api yang berkobar di area pelataran kantor PKP-PK. Dengan sigap, api dapat dipadamkan setelah beberapa menit. Tidak ada korban jiwa di dalam kejadian tersebut.

 

Itulah rangkaian penanganan kebakaran yang dipraktekkan oleh personil PKP-PK kepada mitra usaha dan kerja Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Personil PKP-PK menunjukkan bagaimana cara mencegah dan menangani jika terjadi kebakaran. Mitra pun juga ikut mencoba mempraktekkan.

 

Sebelum acara praktek dimulai, personil PKP-PK terlebih dahulu mensosialisasikan secara lisan langkah – langkah pencegahan dan penanganan apabila terjadi kebakaran di Ruang Rapat Bantimurung Kantor Cabang Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

 

Sosialisasi yg dihadiri oleh 16 peserta ini, dibuka oleh Zulkarnain selaku Airport Safety Department Head. Dalam kegiatan sosialisasi, dipaparkan tentang faktor - faktor penyebab kebakaran, ketentuan umum pencegahan kebakaran, dan cara penanganan kebakaran.

 

“Semoga dengan pelatihan yang dilakukan rutin ini dapat menambah wawasan para mitra sebagai bekal mereka jika terjadi kebakaran.” ujar Zulkarnain.

 

Acara sosialisasi ini dimulai dari pukul 09.00 – 11.00 WITA ini berlangsung lancar, peserta pun antusias mengikuti kegiatan ini.

 

Setelah mencoba mempraktekkan cara memadamkan api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Aswar, salah satu peserta menyampaikan, "Sosialisasi ini memang kami butuhkan apabila memang nanti terjadi kebakaran di tenan kami."

 

Menjaga keamanan dan keselamatan bandara memang tugas pengelola bandara, namun kerjasama dengan mitra di bandara juga perlu dilakukan demi kemanan dan keselamatan bersama.