en id

Berita

> Menuju Publikasi
Informasi Menu
Berita

LIBUR PANJANG NATAL DAN TAHUN BARU, SHIAM LAKUKAN PERSIAPAN KHUSUS DI BANDARA

17 Dec 2020

kembali ke list


MAROS – 17 Desember 2020, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2020 dan Tahun Baru 2020 (Nataru 2020/2021).  Posko didirikan selama 18 hari yaitu mulai tanggal 18 Desember 2020 – 4 Januari 2021 dengan tujuan untuk mengawasi pergerakan arus pesawat, penumpang dan kargo selama periode Nataru 2020/2021. Lokasi Posko Terpadu terletak di Area Keberangkatan tepatnya di ruangan Airport Operation Center Head.

 

Berbeda dengan posko pada tahun – tahun sebelumnya, pembukaan posko kali ini dihadiri oleh tim internal Bandara Sultan Hasanuddin. Pihak bandara tidak menambah personil bantuan seperti Posko Nataru di tahun – tahun sebelumnya dan memanfaatkan penggunaan Airport Operation Control Center (AOCC) untuk memantau pergerakan pesawat, penumpang dan kargo serta kejadian di sekitar Bandara sehingga diharapkan dapat lebih efektif dan efisien dalam melakukan pengawasan.

 

“Posko kali ini tidak melibatkan banyak orang, agar tidak terjadi kerumunan dan tetap melaksanakan protokol kesehatan.  Kami mengoptimalkan personil yang ada untuk melakukan tugas dan fungsi pokok masing – masing demi keamanan dan keselamatan penerbangan.” ujar Wahyudi selaku General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

 

Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada tanggal 24 Desember 2020 sedangkan arus balik diprediksi terjadi pada 3 Januari 2020. Pergerakan penumpang juga diprediksi naik sekitar 20% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sampai saat ini hanya maskapai Citilink yang mengajukan tambahan penerbangan (extra flight), melayani rute Makassar – Jakarta (CGK – UPG).

 

Untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan jumlah penumpang, terjadinya pembatalan dan tertundanya penerbangan serta gangguan keamanan, pihak bandara dengan instansi terkait telah melakukan beberapa antisipasi diantaranya: berkoordinasi dengan maskapai, memanfaatkan ruang tunggu keberangkatan internasional dan kedatangan internasional, peningkatan frekuensi patroli keamanan dan random check di area Bandara dan antisipasi lainnya. Para pengguna jasa juga dihimbau untuk selalu tetap menerapkan protokol kesehatan selama di bandara.

 

Humas Bandara Internasional Sultan Hasanuddin