en id

Berita

> Menuju Publikasi
Informasi Menu
Berita

Penerapan Concourse Plan pada awal April 2014

03 Apr 2014

kembali ke list


MAROS - “Komitmen AP I Demi Kenyamanan dan Keamanan Penumpang”. Dalam rangka peningkatan pelayanan dan keamanan penumpang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, PT Angkasa Pura I berencana melakukan relayout terminal bandara dengan menerapkan sistem pemeriksaan dengan sistem Concourse Plan yaitu pemeriksaan keamanan penumpang, karyawan yang memiliki izin masuk (PAS Bandara) dan barang bawaan dilakukan di pintu masuk ruang tunggu secara terpusat atau tersentralisasi.

Proses pemeriksaan keamanan tersebut dilakukan di Lantai I Terminal bandara. Sedangkan penerbangan internasional masih harus dilakukan pemeriksaan khusus di Lantai II karena Lantai II terminal bandara merupakan salah satu yang menjadi daerah steril di bandara.

“Penerapan Concourse Plan ini akan dilaksanakan setelah dilakukannya verifikasi dan sertifikasi oleh Direktorat Keamanan Penerbangan Kementerian Perhubungan pada awal April 2014  guna menjamin keamanan penerbangan”, ujar Rachman Syafrie selaku GM AP I Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Dalam kesempatan berbeda, Aviation Security Department Head Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar Mulyadi Suparjo menambahkan bahwa penerapan Concourse Plan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kenyaman sehingga para penumpang tidak lagi memerlukan proses screening saat melakukan boading masuk ke pesawat. “Seluruh hal yang terkait dengan penerbangan harus mendapat pemeriksaan untuk mencegah terjadinya tindakan melawan hukum.  Setiap penumpang pesawat udara, personil pesawat udara (crew), barang bawaan, kargo dan pos yang diangkut dengan pesawat dan karyawan yang memiliki PAS Bandara yang akan masuk ke daerah kemanan terbatas bandar udara wajib dilakukan pemeriksaan keamanan” imbuh Mulyadi mengakhiri pernyataannya. (Resky Purwono)