en id

Berita

> Menuju Publikasi
Informasi Menu
Berita

Sosialisasi E-Billing, SMS Billing, Virtual Account dan Customer Information System (CIS)

06 Nov 2017

kembali ke list


Maros (6/11), Sebagai upaya untuk meningkatkan mutu layanan kepada mitra,  PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin bekerjasama dengan PT. Bank Mandiri, Tbk. selenggarakan Sosialisasi E-Billing, SMS Billing, Virtual Account dan Customer Information System (CIS) di Ruang Rapat Bantimurung Kantor Cabang Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Trubus Suharsono selaku PTS General Manager, Septarius selaku Finance Department Head, Ngurah Dwi Wira selaku Treasury Management Department Head Kantor Pusat PT Angkasa Pura I (Persero), Doan Anugra Syafri selaku Retail Marketing Department Head Kantor Pusat PT Angkasa Pura I (Persero), Fauzan selaku Ketua Tim dari Bank Mandiri Jakarta serta mitra Bandara Internasional Sultan Hasanuddin selaku peserta sosialisasi. 

PT Angkasa Pura I (Persero) merupakan salah satu BUMN yang memiliki komitmen untuk menjalankan kegiatan operasionalnya yang didasari taat pada Good Corporate Governance. Program “Sosialisasi E-Billing, SMS Billing, Virtual Account (Va), dan Customer Information System (CIS) PT Angkasa Pura I (Persero) merupakan sarana untuk mengelola hubungan baik dengan mitra usaha dalam memberikan informasi yang mudah diakses dan respon yang lebih cepat. Aplikasi ini dapat memberikan kemudahan informasi kepada customer mengenai tagihan dan sistem pembayaran serta konfirmasi tagihan. 

Sebagai wujud komitmennya tersebut, kini dihadirkan sistem penagihan baru untuk para mitra PT Angkasa Pura I I (Persero) yaitu E-Billing, SMS Billing, Virtual Account (VA), dan Customer Information System (CIS).

1.    E–billing yaitu suatu sistem penagihan secara elektronik melalui billing letter, email billing, dan sms billing sehingga memudahkan mitra mengetahui nominal tagihan yang harus dibayar dan batas waktu pembayaran. Harapan ke depan, proses penyampaian tagihan tidak lagi membutuhkan waktu yang lama. 

2.    Virtual Account (VA) adalah nomor identifikasi mitra yang diperuntukan sebagai identifikasi penerimaan (collection) yang akan dicantumkan dalam setiap pembayaran melalui jaringan bank, baik dari channel Bank Mandiri maupun nonBank Mandiri. Kini pembayaran customer dapat langsung teridentifikasi dan dilunaskan dari daftar outstanding mitra. 

3.    Customer Information System (CIS) merupakan Sebuah sarana yang disediakan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) dalam mengelola hubungan dengan mitra untuk memberikan informasi tagihan yang lebih efektif dan efisien sehingga monitoring oleh mitra dapat dilakukan dalam suatu sistem aplikasi. Selain itu CIS merupakan fasilitas yang dapat dimanfaatkan mitra untuk menyampaikan keluhan terkait tagihan sehingga dapat segera ditindaklanjuti oleh PT Angkasa Pura I (Persero). 

"Semoga sistem ini dapat berpengaruh peningkatan kinerja kita bersama, menjadi tertib dan mempercepat proses kerja kita." ujar Trubus dalam sambutannya sebelum membuka acara sosialisasi.

Penerepan sistem baru ini akan dilaksanakan untuk tagihan per November 2017 serentak di semua Bandara dibawah naungan PT Angkasa Pura I (Persero).