en id

News

> Go to Publication
Information Menu
News

PASTIKAN TERAPKAN PEDOMAN, SHIAM ADAKAN INTERNAL AUDIT 

11 Sep 2020

kembali ke list


Maros, 11 September 2020 – PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin mengadakan audit internal untuk memastikan semua unit kerja di lingkungan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin patuh pada ketentuan yang berlaku terkait Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015, Sistem Manajemen Keselamatan Kerja (SMK3) dan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001. 

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini merupakan kegiatan rutin Airport Safety, Risk dan Performance Departement setiap tahunnya. Secara resmi Zulkarnain selaku Airport Safety, Risk and Performance Management Senior Manager membuka audit internal ini. Selanjutnya dilakukan penjelasan pelaksanaan audit internal kepada auditee. 

Pertama penjelasan mengenai Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015, unit Quality Management bekerjasama dengan Lembaga Audit Trust sebagai konsultan pendamping audit, memberikan materi terkait tata cara pelaksanaan audit Sistem Manajemen Mutu. Audit Sistem Manajemen Mutu menilai apakah pengimplementasian instruksi kerja dan proses administratif pada masing-masing unit sudah efektif sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

Penjelasan kedua berisi tentang materi seputar Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Audit internal SMK3 akan melihat dokumen dan meninjau ke lapangan untuk memastikan penerapan/implementasi SMK3 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Terakhir yaitu penjelasan mengenai Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001. Tim audit internal berfokus pada persiapan sertifikasi PROPER Lingkungan untuk bisa ke jenjang berikutnya yaitu sertifikasi PROPER Biru. Material audit yang diperiksa terkait sampah, limbah B3, limpasan air, serta pengadaan pohon.

Setelah melakukan penjelasan tersebut, tim auditor internal menuju ke masing – masing departmen untuk melakukan tinjauan lapangan. Kegiatan ini ditutup dengan mengadakan rapat penutupan yang dilaksanakan pada 11 September 2020.

Humas Bandara Internasional Sultan Hasanuddin